fbpx
Bagaimana Contoh Prosedur Keselamatan Saat Bekerja?

oleh | 18 Juli 2023 | 0 Komentar

Bagaimana Contoh Prosedur Keselamatan Saat Bekerja? Seperti yang telah diketahui, bahwa seluruh perusahaan wajib memperhatikan keselamatan kerja di dalam perusahaan untuk memastikan para pekerja yang ada di dalamnya merasa terlindungi dan tetap berapa pada kondisi aman saat bekerja. Hal yang membuat keselamatan kerja sangat penting adalah karena semua pekerja menginginkan kondisi kerja yang aman dan nyaman. Oleh sebab itu, keselamatan kerja menjadi faktor utama.

Perusahaan haruslah memiliki prosedur keselamatan kerja yang baik agar mampu menunjang seluruh aktivitas yang ada di dalamnya. Aturan aturan yang ada di dalam prosedur wajib diikuti oleh semua orang yang akan terlibat di dalam pekerjaan. Karena itu pihak perusahaan dan pekerja diharuskan memiliki kerja sama yang bagus agar agenda keselamatan kerja dapat berjalan dengan lancar.

Oleh sebab itu, pada artikel kali ini akan membahas tentang prosedur keselamatan kerja yang harus ada di dalam perusahaan. Yuk, simak artikelnya!

1. Tidak ceroboh saat bekerja

Kamu perlu fokus ketika sedang bekerja, apabila kamu terlalu ceroboh maka pekerjaan yang dilakukan tidak akan selesai dan akan menimbulkan kecelakaan di tempat kerja. Tingkatkan konsentrasi saat sedang bekerja, fokus pada hal-hal yang penting agar hasil kerjamu bagus dan cepat selesai.

2. Menggunakan APD

Sebenarnya tidak semua pekerjaan memerlukan APD. APD hanya akan digunakan pada pekerjaan dengan resiko tinggi seperti konstruksi, teknik, dan pekerjaan yang berhubungan dengan kesehatan.

Apabila penggunaan APD salah dan tidak lengkap, maka akan meningkatkan resiko kecelakaan kerja, oleh sebab itu kamu perlu memperhatikan langkah-langkah penggunaan APD yang benar dan lengkap.

3. Tanggap dengan sekitar

Ketika kamu sedang bekerja, usahakan untuk selalu mengecek keadaan disekitarmu. Biasanya jika terjadi kecelakaan kerja semua orang akan berhamburan dan menyelamatkan diri ke tempat yang aman. Oleh sebab itu, ketika terjadi kecelakaan kerja maka kamu akan langsung sigap untuk menyelamatkan diri dan membantu rekan kerja yang lain.

4. Merawat dan memeriksa alat kerja

Salah satu prosedur keselamatan kerja adalah merawat dan memeriksa mesin. Perawatan mesin bisa dilakukan secara berkala sesuai jadwal yang ditentukan agar alat yang digunakan untuk bekerja terjamin keamanannya. Sehingga para pekerja tidak akan menjadi korban kecelakaan dan perusahaan pun tetap beraktivitas seperti biasa.

Perawatan pada mesin berguna untuk mengetahui kapan mesin tersebut harus dihancurkan dan diganti dengan yang baru.

5. Membersihkan lingkungan kerja

Walaupun dalam perusahaan sudah ada petugas kebersihan, namun tidak ada salahnya jika kamu ikut membantu membersihkan tempat tempat kerja. Terutama jika kamu bekerja di lingkungan kesehatan, yang mana tuntutan akan kebersihan ruang sangat tinggi serta faktor kebersihan yang berpengaruh pada keselamatan kerja.

Maka pastikan lingkungan tempat bekerja sudah bersih dan steril agar tidak menimbulkan dampak negative bagi orang lain, dan sebaiknya hal ini dilakukan secara rutin dan berkala.

6. Mematuhi peraturan kerja

Baik peraturan yang tertulis maupun tidak tertulis sebaiknya tetap dipatuhi. Karena peraturan tentang keselamatan kerja dibuat bukan karena ingin mengekang para pekerja, namun dibuat sebagai batasan untuk hal-hal sekiranya membahayakan pekerja di tempat kerja.

Peraturan ini biasanya berisi tentang hal-hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat bekerja.

Penutup

Kecelakaan yang terjadi di tempat kerja tidak bisa terjadi begitu saja, pasti terdapat inti masalah yang menyebabkan kecelakaan tersebut bisa terjadi. Hal ini perlu segera dilakukan penyelidikan agar segara menemukan sumber masalah penyebab kecelakaan, dan supaya pekerja lain tidak menjadi korban selanjutnya. Oleh sebab itu, ketika terjadi kecelakaan di tempat kerja maka kegiatan operasional yang ada di perusahaan akan dihentikan dan seluruh produksi yang dilakukan pada hari itu akan dibatalkan. Dalam hal ini kerugian tidak hanya terjadi pada pekerja saja, tetapi perusahaan juga mengalami kerugian.

Demikian hal-hal terkait contoh prosedur keselamatan kerja yang dapat disampaikan. Kesimpulan yang dapat diambil adalah, ketika sedang bekerja maka perhatikan peraturan yang ada dan fokuslah ketika bekerja. Semoga dari contoh prosedur ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam keselamatan kerja.

Kamu dapat menghubungi contact dibawah jika tertarik dengan pelatihan kami:

Phone: (+62) 811 656 5850

Email: pjk3limaindo@gmail.com

Penulis: Yoisoweb Team

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *