fbpx
Apa yang Harus Kita Lakukan Saat Terjadi Kecelakaan Kerja?

oleh | 16 Juli 2023 | 0 Komentar

Apa yang Harus Kita Lakukan Saat Terjadi Kecelakaan Kerja? – Pada tahun 2020 lalu BPJS Ketenagakerjaan mengeluarkan sebuah laporan bahwa angka kecelakaan kerja sampai ke angka lebih dari 153 ribu kasus kecelakaan kerja. Mengalami sebuah kecelakaan kerja adalah risiko yang harus sebisa mungkin dihindari oleh para pekerja. Karena itu, kamu harus mengetahui tahu langkah-langkah apa yang diperlukan ketika mengalami kecelakaan kerja.

Langkah-langkah yang harus dilakukan saat mengalami kecelakaan kerja

  • Fokus Pada Cedera

Ringan ataupu parah, apapun jenisnya cedera harus dengan cepat ditangani terlebih dahulu. Cedera ringan apapun bisa saja mempunyai risiko masalah yang tinggi jika tidak ditangani dengan tepat dan secepat mungkin. Maka dari itu, Kamu harus dengan cekatan untuk meminta pertolongan dari pihak medis dengan menyeluruh setelah kecelakaan saat bekerja tersebut terjadi. Segeralah menuju ke UGD rumah sakit jika diperlukan, Jangan sampai kamu menunda-nunda untuk pergi ke rumah sakit.

  • Melapor

Saat mengalami keceakaan kerja, Kamu harus dengan segera melaporkan kecelakaan kepada atasan atau pihak HRD yang telah ditunjuk untuk bertanggung jawab dalam kecelakaan kerja. Perusahaan pun mempunyai kewajiban untuk melapor ketika kecelakaan kerja berpengaruh kepada karyawan, BPJS Ketenagakerjaan dan juga dinas yang berkaitan. Laporan harus segera diserahkan paling maksimal 2 x 24 jam sejak staf tersebut dinyatakan mempunyai penyakit, cacat, atau bahkan bisa saja meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan kerja.

  • Menyimpan bukti-bukti kecelakaan

Tahap yang satu ini penting agar Kamu bisa mengajukan klaim kompensasi ketika terjadi hal tidak diinginkan. Merekam video atau mengambil foto di tempat kejadian, bisa saja menjadi sebah bukti. Membuat salinan dari seluruh dokumen hasil pemeriksaan medis yang sudah Kamu jalani. Catat juga seluruh keluhan apapun yang Kamu alami. Karena, bukan tidak mungkin lagi cedera ringan akan berevolusi menjadi semakin serius seiring dengan berjalannya waktu.

  • Handover pekerjaan

Kamu mungkin saja memerlukan yang namanya cuti mendadak yang lama disaat sesudah mengalami kejadian kecelakaan kerja. Terlebih lagi jika cederanya lumayan serius. Supaya kamu bisa fokus ketika menjalani fase pemulihan, adabaiknya jika Kamu mendelegasikan seluruh pekerjaan Kamu kepada rekan kerja yang bisa mereka kerjakan.

  • Manfaatkan JKK

Perusahaan di seluruh Indonesia wajib untuk mendaftarkan semua pekerjanya kepada BPJS Ketenagakerjaan untuk upaya perlindungan risiko kecelakaan sedang saat bekerja. Dengan seperti itu, kamu bisa untuk memanfaatkan program JKK saat sedang mengalami kecelakaan kerja.

  • Klaim kompensasi

Kamu mempunyai hak untuk mengajukan komplain dan juga klaim kompensasi kepada perusahaan tempatmu bekerja ketika mengalami kejadian kecelakaan. Klaim kompensasi kecelakaan kerja bertujuan untuk menjamin keslamatan Kamu supaya bisa kembali bekerja seperti semula.

  • Catat semua pengeluaran dari kantong priadi

Dengan mempunyai fasilitas JKK, hampir semua biaya pengobatan dan juga pemulihan akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan. tapi, mungkin saja ada beberapa biaya pengeluaran yang tidak masuk kedalam tanggungan BPJS Ketenagakerjaan. Dan hal tersebut wajib untuk Kamu catat agar tidak terjadi kesalahpahaman ketika pendataan.

Kenapa Harus PT. Lima Prima Solusindo?

  1. Lima Prima Solusindo dapat memberikan solusi pelatihan sertifikasi resmi untuk kalian. Temukan banyak manfaat lainnya dengan mengambil beberapa layanan kami:
  • Legal & Terpercaya
  • Layanan Lengkap
  • Kelas Flexible
  • Instruktur Professional
  • Ribuan Testimoni
  • Harga Kompetitif

Kamu dapat menghubungi contact dibawah jika tertarik dengan pelatihan kami:

Phone: (+62) 811 656 5850

Email: pjk3limaindo@gmail.com

Penulis: Yoisoweb Team

Sumber: https://glints.com/id/lowongan/mengalami-kecelakaan-kerja/

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *