fbpx
Apa itu Ahli K3 Umum? Yuk Pelajari Disini!

oleh | 15 Juli 2023 | 0 Komentar

Apa itu Ahli K3 Umum? Yuk Pelajari Disini! – Suatu perusahaan umumnya diberi kewajiban untuk mempunyai seorang staf yang sudah mempuyai Sertifikat Ahli K3 Umum. Kenapa begitu? Hal itu berfungsi supaya penerapan K3 di dalam perusahaan bisa berjalan degan maksimal. Sebelum mengulik dengan lebih lanjut tentang ahli K3 umum, untuk Kamu yang belum mengerti tentang sejarah K3, ini lah ulasannya untuk Kalian.

Sejarah K3

Untuk Kamu yang belum mengerti, K3 merupakan singkatan dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Berpatokan dengan PP 50 Tahun 2012, K3 adalah semua bentuk kegiatan yang mempunyai fungsi untuk menjamin dan melindungi keselamatan serta kesehatan semua tenaga kerja dengan mengurangi risiko adanya kecelakaan kerja dan juga penyakit karena kerja.

Pengertian Ahli K3 Umum

Ahli K3 umum adalah tenaga kerja teknik dengan keahlian khusus yang mempunyai tujuan untuk membantu pemerintah untuk membantu mengawasi jalannya pekerjaan saat berada di lokasi kerjanya mesaing-masing supaya sesuai dengan undang-undang yang sudah dibuat dan ditetapkan oleh pemerintah. Adanya ahli K3 umum akan serta membantu mengurangi dan mencegah adanya risiko kecelakaan bahkan penyakit saat dalam jam kerja.

Dalam penunjukan ahli K3 Umum, telah menentukan syaratnya lewat Permenaker No.2 Tahun 1992. Di situ disebutkan bahwa perusahaan yang mempunyai pegawai yang lebih dari 100 orang atau yang mempunyai resiko pekerjaan yang tinggi haruslah punya minimal sekali adalah seorang ahli K3 umum dan juga P2K3.

Tugas Seorang Ahli K3 Umum

Sebagai orang yang sudah diberi tugas untuk menjadi ahli K3 umum, Kamu mempunyai beberapa wewenang di dalam:

  • Mendapatkan informasi tentang seluruh syarat pelaksanaan K3
  • Mengawasi dan menjaga jalannya peraturan K3 sesuai dengan bidang yang sudah ditekuni
  • Selalu mengontrol keadaan lingkungan kerja di mulai dari melakukan pengecekan kondisi mesin, menganalisis pekerjaan, dan juga ikut mengawasi proses saat produksi.

Yang Harus Dilakukan Supaya Bisa Menjadi Ahli K3 Umum?

  • Sarjana yang mempunyai pengalaman 2 tahun

Untuk ikut dalam program ahli K3 umum, minimal Kamu diwajibkan untuk mempunyai gelar sarjana serta pengalaman kerja paling minimal 2 tahun. Biasanya semua perusahaan akan mencari staf yang telah memiliki pengalaman kerja 2 tahun atau bahkan bisa saja lebih dari itu untuk mengikuti training ahli K3 umum.

  • Sarjana Muda yang sudah mempunyai 4 tahun pengalaman

Yang mempunyai gelar sarjana muda tenang saja, bisa kok kamu menjadi ahli K3 umum. Tetapi Kamu membutuhkan untuk menjabat sesuai dengan keahlian selama minimal 4 tahun. Keahlian yang kami maksud adalah pada jurusan kuliah yang sudah pernah kalian ambil masing-masing. Kenapa harus 4 tahun? Karena untuk pegawai yang masih baru pasti kurang memahami kondisi saat sedang berada di lapangan.

  • Lulus Pelatihan

Setelah Kamu sudah memenuhi semua syarat salah satu di atas, langkah yang paling akhir untuk dapat mempunyai gelar ahli K3 umum adalah dengan lolos dari pelatihan. Calon ahli K3 umum haruslah menjalani beberapa serangkaian tes yang sudah ditentukan. Prosedur tesnyapun akan berbeda-beda tergantung dari jasa pelatihan yang sudah Kamu tentukan.

Kenapa Harus PT. Lima Prima Solusindo?

  1. Lima Prima Solusindo dapat memberikan solusi pelatihan sertifikasi resmi untuk kalian. Temukan banyak manfaat lainnya dengan mengambil beberapa layanan kami:
  • Legal & Terpercaya
  • Layanan Lengkap
  • Kelas Flexible
  • Instruktur Professional
  • Ribuan Testimoni
  • Harga Kompetitif

Kamu dapat menghubungi contact dibawah jika tertarik dengan pelatihan kami:

Phone: (+62) 811 656 5850

Email: pjk3limaindo@gmail.com

Penulis: Yoisoweb Team

Sumber: https://www.formasitraining.com/blog/mengenal-apa-itu-ahli-k3-umum

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *