fbpx
TERNYATA! Warna Rompi Keselamatan Punya Artinya Sendiri, Apa Saja?

oleh | 6 Juli 2023 | 0 Komentar

Dalam mengerjakan sebuah proyek konstruksi bangunan, ternyata warna rompi proyek memiliki fungsinya yang berbeda-beda loh tergantung dengan warnanya. Penggunaan rompi proyek atau rompi keselamatan sendiri sangatlah penting loh. Jangan sampai baju untuk keselamatan ini dilupakan karena akan menjadi satu kerugian. Jadi, apa saja sih arti dari tiap masing-masing warna rompi proyek? Mengapa sih rompi proyek disebut sebagai pakaian keselamatan visibilitas yang tinggi? Yuk, kalian simak penjelasan selengkapnya di artikel bawah ini.

Apa itu Rompi Keselamatan?

Sesuai dengan Namanya sendiri, sebuah rompi keselamatan merupakan sebuah pakaian yang bertujuan untuk menjaga keselamatan para penggunanya. Rompi keselamatan untuk bekerja dengan meningkatkan visibility ataupun visibilitas penggunanya. Lebih-lebih, rompi keselamatan sendiri sering juga disebut sebagai sebuah pakaian keselamatan yang memiliki visibilitas tinggi.

Hal ini dikarenakan salah satu tujuan utama dari rompi keselamatan sendiri ialah untuk membuat para penggunanya mudah terlihat serta mudah diidentifikasi, khususnya ketika mereka bekerja di waktu siang serta malam hari.

Mengapa sih para pekerja harus mudah untuk terlihat? Hal ini agar orang-orang disekitarnya menyadari keberadaan para pekerjanya. Misalnya, seorang yang bertugas untuk mengatur di lalu lintas haruslah mudah untuk terlihat oleh para pengendara di sekitar agar tidak akan tertabrak oleh para pengendara. Kemudahan untuk terlihat ini pun bisa mengurangi risiko kecelakaan kerja karena setiap orang akan sadar dan memperhatikan dengan keadaan lingkungan sekitarnya.

Arti Warna Rompi Safety Beserta Jenis Jenisnya

Rompi keselamatan proyek merupakan sebuah pakaian keselamatan dengan visibilitas yang tinggi yang digunakan oleh para tenaga kerja dengan lingkungan yang kerja berat, seperti pekerja bangunan ataupun petugas lalu lintas. Pakaian keselamatan dengan visibilitas yang tinggi menjadi sebutan dari rompi ini dikarenakan dapat mudah untuk terlihat ketika digunakan oleh para pekerja pada siang ataupun malam hari.

1. Performa Kelas 1

Performa Kelas 1 ialah rompi yang digunakan dalam Right-Of-Way di bawah FHWA Worker Visibility Final Rule. Rompi ini hanya memiliki jumlah minimum material yang dibutuhkan agar bisa membedakan para pemakaianya dalam lingkup tempat kerja. Inilah yang membuat para pemakainya akan menjadi kurang terlihat.

Warna yang biasanya digunakan dalam rompi ini ialah lime menyala, merah menyala, ataupun oranye menyala.

Spesifikasi rompi Performa Kelas 1 adalah:

  • 217 inci persegi background material
  • 155 inci2 retroreflective material atau combined-performance material
  • 310 inci2 combined-performance material jika tanpa background material

2. Performa Kelas 2

Rompi Performa Kelas 2 sendiri dapat memberikan tingkat visibilitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan Rompi Performa Kelas 1. Rompi ini biasanya digunakan oleh para petugas lalu lintas ataupun para tenaga kerja yang beraktivitas di jalan raya.

Spesifikasi rompi Performa Kelas 2 adalah:

  • 755 inci2 background material
  • 201 inci2 retroreflective atau combined performance material

3. Performa Kelas 3

Rompi jenis Performa Kelas 3 ini dapat memberikan visibilitas yang paling terbaik jika dibandingkan dengan kelas sebelumnya . Biasanya rompi ini digunakan oleh para tenaga kerja yang bekerja pada malam hari dan juga berada di kompleks lingkungan kerja dengan risiko yang tertinggi.

Spesifikasi rompi Performa Kelas 3 adalah:

  • 1240 inci2 background material
  • 310 inci2 retroreflective atau combined performance material

4. Performa Kelas E

Pakaian keselamatan Performa Kelas E bisa terhitung paling lengkap karena terdiri dari celana panjang, celana pendek, overalls, bahkan hingga gaiter. Namun saat menggunakannya harus tetap dikombinasikan dengan rompi Performa Kelas 2 ataupun Kelas 3.

Spesifikasi dari Performa Kelas E adalah:

  • 465 inci2 background material
  • 108 inci2 retroreflective atau combined performance material

Baca Juga : Bagaimana Prinsip Dasar Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan?

Pelatihan dan Sertifikasi K3 Konstruksi

Kamu ingin mencari tepat pelatihan serta juga mendapatkan Sertifikasi K3 Kontruksi? Kamu bisa melakukan pelatihan bersama kami! Setelah melihat artikel diatas tentunya kalian juga ingin mempunyai sertifikasi K3 Kontruksikan tentunuya. Pelatihan akan diselengggarakan selama 5 Hari dari pukul 08.00 – 16.00 WIB secara blended training. Yang tertarik bisa menghubungi kami lewat contac di bawah ini:

Nomor Hanphone: (+62) 811 656 5850

E-mail: pjk3limaindo@gmail.com

Penulis: Yoisoweb Team

Sumber: https://www.indosteger.co.id/berita/detail/arti-warna-rompi-proyek

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *