fbpx
CATAT! Ini Kesalahan K3 yang Sering Terabaikan

oleh | 2 Juli 2023 | 0 Komentar

CATAT! Ini Kesalahan Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang Sering Terabaikan – Keselamatan serta kesehatan kerja adalah hal penting yang harus diperhatikan dengan teliti tidak Cuma untuk pekerja yang bekerja langsung di lapangan, tetapi juga harus menjadi tanggung jawab perusahaan tempat dimana para pekerja tersebut bekerja. Hal yang satu ini sudah tertuang di UU No. 1/1970 serta No. 23/1992. Dengan tidak langsung kesehatan dan keselamatan kerja bisa mempunyai pengaruh langsung pada keuangan dan pendapatan suatu perusahaan. Karena kerugian yang muncul karena kesalahan K3 tidak cukup dan hanya berdampak pada para pekerja saja, tetapi juga untuk perusahaan dan bahkan bisa saja untuk menghamnbat suatu proyek.

Selain hal tersebut, perusahaan juga harus tetap harus memiliki tanggung jawab pada para pekerjanya, maka dari itu pengeluaran yang digunakan dan dianggarkan akan semakin bertambah juga. Oleh sebab itu, wajib sekali hukumnya untuk para perusahaan menciptakan kondisi dimana lingkungan kerja tersebut sudah dipastikan aman dan juga nyaman.

Kesalahan-Kesalahan Penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan dalam tempat kerja, Anda harus terlebih dahulu memahami hal-hal apa saja yang dapat membuat sebuah tempat kerja menjadi berbahaya. Ini lah dia beberapa kesalahan umum yang paling sering terjadi karena mengabaikan prinsip K3:

  • Percaya Diri Berlebih

Percaya diri adalah hal yang bagus untuk dimiliki oleh seluruh pekerja. Tapi, jika terlalu berlebihan dan ujung-ujungnya berasumsi bahwa semuanya sudah berjalan dengan lancar dan baik, hal ini juga bisa saja berakibat ke kecelakaan yang bisa mengancan kesehatan dan keselamatan kerja.

  • Tidak Melapor Ketika Ada Kecelakaan Kerja

Yang berikutnya adalah tidak segera melapor saat ada kecelakaan kerja. Seperti yang telah disebutkan, kecelakaan bisa saja terjadi kepada siapapun, bahkan teramasuk untuk para pekerja yang sudah senior sekalipun. Karena itulah, saat kecelakaan sedang terjadi, tenaga kerja yang lain harusah cepat dan tanggap dalam melaporkan hal tersebut agar kejadian dan tindakan yang harus diambil selanjutnya bisa ditangani dengan baik dan bahkan kejadian sebelumnya bisa jadi bahan untuk evaluasi.

  • Memakai Peralatan Kerja Dengan Tahapan Yang Salah

Peralatan adalah salah satu benda yang bisa mengancam keselamatan bahkan kesehatan kerja perusahaan yang Kamu miliki. Salah memakai sampai tidak berfungsinya alat-alat dengan seharusnya bisa jadi sumber yang cukup berbahaya, kerena alat-alat tersebut merupakan hal yang keberadaaanya sangat dekat sekali dengan para pekerja lapangan Kamu.

  • Tidak Memakai APD

Kesalahan berikutnya dan yang paling sering sekali dijumpai adalah tidak memakai Alat Pelindung Diri atau biasa disebut dengan APD. APD adalah hal yang sewajarnya digunakan oleh tiap orang yang sedang ada di tempat konstruksi dijalankan. Tetapi sayangnya, saat seorang pekerja terlalau percaya diri, bisa saja mengentengkan APD dan tidak memakai peralatan yang memang seharusnya dia gunakan terlebih dahulu.

  • Terburu-buru

Waktu adalah unsur yang paling sering sekali diabaikan di dalam kesehatan dan keselamatan kerja. Bekerja dengan cara yang efektif dan juga efisien adalah hal yang sangat luar biasa sekali. Tapi, jangan sampai ketika menghemat waktu berubah jadi pengeluaran biaya perawatan yang diakibatkan oleh kecelakaan akibat berkerja yang dikejar-kejar oleh waktu.

  • Tidak Menjaga Ketertiban dan Kebersihan

Yang terakhir paling terakhir dalam daftar ini adalah tentang Ketertiban dan Kebersihan. Mudah untuk para pekerja mengabaikan ketertiban dan kebersihan di kerja mereka. Entah itu disebabkan karena alur kerja yang sedang cepat atau bahkan terlalu fokus mengejar target proyek. Tapi, jangan sampai hal-hal tadi berujung terhadap lingkungan kerja kotor dan lapangan kerja yang tidak tertib dan tidak kondusif.

Baca Juga :

Pelatihan dan Sertifikasi K3 Konstruksi

Kamu ingin mencari tepat pelatihan serta juga mendapatkan Sertifikasi K3 Kontruksi? Kamu bisa melakukan pelatihan bersama kami! Setelah melihat artikel diatas tentunya kalian juga ingin mempunyai sertifikasi K3 Kontruksikan tentunuya. Pelatihan akan diselengggarakan selama 5 Hari dari pukul 08.00 – 16.00 WIB secara blended training. Yang tertarik bisa menghubungi kami lewat contac di bawah ini:

Nomor Hanphone: (+62) 811 656 5850

E-mail: pjk3limaindo@gmail.com

 

Penulis: Yoisiweb Team

Sumber: https://www.indosteger.co.id/berita/detail/6-kesalahan-keselamatan-dan-kesehatan-kerja-yang-sering-diabaikan

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *