fbpx
6 Pertolongan Kerja yang Bisa Kita Lakukan, Apa Saja?

oleh | 1 Juli 2023 | 0 Komentar

6 Pertolongan Kerja yang Bisa Kita Lakukan, Apa Saja? – Penanganan Kecelakaan Kerja harus dengan cepat dijalankan ketika ada kecelakaan kerja terjadi. Hal tersebut harus dilakukan karena terjadinya kecelakaan tidak bisa diprediksi, maka diharuskan seluruh pekerja paham paling tidak tentang pertolongan pertama ketika kecelakaan terjadi.

Ketika sedang menunggu para petugas medis untuk menangani kecelakaan, ada baiknya diberi pertolongan terlebih dahulu oleh para pekerja yang ada di lokasi kejadian lebih dulu. Tetapi sayang sekali, tidak semua orang bisa paham tentang apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi kecelakaan kerja. Maka dari itu simak ulasan kami di bawah ini!

Inilah 6 Pertolongan Kecelakaan Kerja

Ketika kondisi dimana tidak ada tenaga medis yang ada di dekat lokasi kejadian, tentu saja pertolongan pertama sangatlah dibutuhkan sekali. Pertolongan yang akan Kamu beri pun tdiak dapat asal-asalan, karena seluruh tindakan yang akan Kamu lakukan itu menyangkut nyawa korban. Maka dari itu, simak langkah-langkah yang kami berikan berikut ini.

  1. Memahami Kondisi Lokasi Kerja

Kamu harus dapat memahami semua keadaan yang ada di tenpat kerja. Sehingga Kamu akan lebih mengerti kira-kira apa hal yang menyebabkan kecelakaan bisa terjadi. Kamu pun akan jadi lebih tahu jadi tahu apa yang harus Kamu lakukan saata akan melakukan pertolongan pertama

  1. Tingkat Kesadaran Korban

Banyak kejadian korban kecelakaan yang hilang kesadaran. Kamu harus melakukan pengecekan terhadap kondisinya terlebih dulu, apakah korban sadar penuh, setengah sadar atau bahkan pingsan.

Memangnya bagaimana cara mengetahui tingkat kesadaran sang korban? Caranya adalah degan Kamu mendekatkan jari ke lubang hidung sang korban, dan juga memeriksa denyut nadi korban. Kamu bisa membangunkan korban dengan cara menepuk pundaknya atau bisa juga dengan merangsang indera penciuman mereka.

  1. Luka Korban

Pertolongan kecelakaan kerja yang selanjutnya adalah dengan mengecek luka-luka yang merka alami ketika kecelakaan. Adakah bagian tubuh yang mengalami pendarahan. Jika ada pendarahan, akan otomatis korban kehilangan kesadaran dan Kamu harus dengan segera berusaha untuk mengahentikan pendarahan yang korban alami.

  1. Kompresi Dada

Jika Kamu melihat korban tidak sadarkan diri, hal yang harus dilakukan adalah memberikan pernapasan bantuan. Caranya adalah dengan kompresi dada untuk pertolongan pertama.  Letakkan tangan ke tengah dada korban lalu juga tangan yang satunya dengan posisi jari-jari yang mengunci, setelah itu tekan dengan kedalaman yang kira-kira 4-5 cm.

  1. Mengobati Luka

Saat Kamu menjumpai luka di bagian tubuh korban, Kamu bisa mengobati luka tersebut terlebih dahulu. Atau jika luka itu merupakan luka kecil dan tidak perlu penanganan dari ahli, ada baiknya Kamu menobati itu sendiri supaya tenaga medis bisa fokus untuk mengerjakan hal lainnya yang lebih membutuhkan bantuan tenaga medis.

  1. Tidak Panik

Sebuah mindset yang wajib untuk ditanamkan saat sedang terjadi kecelakaan kerja adalah tidak panik. Usahakan dulu untuk tidak panik dan bersikap tenang supaya Kamu bisa menjalankan pertolongan pertama dengan benar. Jika Kamu telah mengupayakan pertolongan pertama tapi nggak ada hasil sama sekali, maka Kamu harus dengan segera melapor ke pihak berwajib dan juga tenaga medis supaya bisa dengan segera menanganinya.

Kenapa Harus PT. Lima Prima Solusindo?

Lima Prima Solusindo dapat memberikan solusi pelatihan sertifikasi resmi untuk kalian. Temukan banyak manfaat lainnya dengan mengambil beberapa layanan yang kami sediakan:

  • Legal & Terpercaya
  • Layanan Lengkap
  • Kelas Flexible
  • Instruktur Professional
  • Ribuan Testimoni
  • Harga Kompetitif

Baca Juga

Contact:

Nomor Hanphone: (+62) 811 656 5850

Email: pjk3limaindo@gmail.com

Penulis: Yoisoweb Team

Sumber: https://mutucertification.com/pertolongan-kecelakaan-kerja/

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *