fbpx
Tahukah Kamu! Ini Arti Simbol Keselamatan Kerja di Laboratorium

oleh | 24 Juni 2023 | 0 Komentar

Biologi sendiri adalah sebuah ilmu yang sangat dekat dengan makhluk hidup serta lingkungannya. Maka dari itu, segala dari kegiatan yang berhubungan dengan disiplin ilmu ini pastinya akan berkaitan erat dengan dua objek itu. Biologi biasanya identik dengan laboratorium. Hal tersebut memang benar adanya, karena sebagian besar dari pengamatan objek ataupun penelitian ilmu ini dilakukan di dalam laboratorium. Saat para peneliti akan bekerja di dalam laboratorium, para peneliti bukan hanya akan memperhatikan metode ilmiahnya saja, namun juga mereka harus memperhatikan keselamatan kerja mereka sendiri di dalam laboratorium itu.

Simbol Keselamatan Kerja di Laboratoium

Hal yang harus kalian ketahui terkait keselamatan kerja di dalam laboratorium biologi adalah terkait simbol-simbol keselamatan. Simbol-simbol ini biasanya juga dapat ditemukan pada bahan kimia. Tujuannya sendiri yaitu untuk menjaga para peneliti ataupun siapa saja yang ada di dalam laboratorium tersebut akan tetap aman.

  1. Mudah terbakar

Simbol yang paling sering kalian temui yaitu mudah terbakar dengan gambar api yang menyala. Beberapa dari bahan kimia yang dapat di labeli dengan simbol api ini yaitu alkohol, gas etuna, dan keton. Cara yang paling tepat untuk memperlakukan bahan-bahan kimia yang mudah terbakar yaitu dengan meletakan bahan-bahan itu jauh dari sumber api ataupun logam yang dapat menghantarkan panas dan bisa menyebabkan kebakaran.

  1. Mudah meledak

Bahan ini biasanya sering disimbolkan dengan sebuah gambar ledakan. Bahan-bahan kimia yang masuk ke dalam ketagori mudah meledak yaitu seperti nitroselulosa dan juga anomium dikromat. Cara untuk memperlakukan bahan kimia tersebut yaitu harus disimpan dalam kondisi yang basah dan juga harus dihindari dari panas ataupun sumber api. Kalian harus pastikan juga bahan mudah meledak tersebut tidak mengalami goncangan ataupun gesekan karena itu nantinya akan menjadi berbahaya.

  1. Beracun dan bersifat karsinogen

Simbol ini biasanya sering ditandai dengan sebuah gambar tengkorak dan tulang. Simbol ini menandakan bahwa bahan kimia tersebut termasuk beracun dan dapat menyebabkan kanker. Bahan kimia yang masuk ke dalam kelompok ini yaitu sianida, gas asam sulfida,merkuri dan fenol. Bahan-bahan tersebut jangan sampai terhirup, terminum ataupun mengenai kulit kalian. Dan harus dipastikan juga selama di dalam laboratorium kalian tidak melakukan kontak langsung dengan uap bahan kimia ini.

  1. Menyebabkan iritasi dan keracunan

Bahan kimia ini biasanya ditandai dengan simbol X berwarna hitam. Bahan kimia itu diantaranya yaitu kloroform, uap bromin, hidrogen peroksida, natrium hidroksida, butalon, dan juga gas klorin. Ketika kalian bekerja di dalam laboratorium dan kalian menggunakan bahan kimia ini, kalian harus memastikan bahwa uap dari bahan-bahan kimia itu tidak mengenai kulit, serta tidak tertelan atau terhirup oleh kalian.

  1. Korosif

Bahan kimia yang satu ini biasanya sering diberi tanda gambar tangan dan besi dengan tetesan bahan kimia. Selain dapat menimbulkan karat, bahan korosif juga dapat menyebabkan luka parah jika tersentuh oleh tangan kalian secara langsung tanpa pelindung. Cara untuk memperlakukan bahan kimia ini yaitu jauhkan dari alat-alat yang berbahan dasar logam yang mudah berkarat.

  1. Radioaktif

Simbol yang terakhir ini biasanya ditandai dengan gambar berbentuk mirip kincir angin. Beberapa jenis bahan kimia ini yaitu thorium, uranium, plutonium dan aktinium. Dan bahan kimia yang bersifat radioaktif seharusnya kalian simpan di dalam botol yang tebal dan juga tertutup. Dan kalian harus pastikan juga bahwa bahan ini tidak mengenai tubuh kalian secara langsung.

Kenapa Harus Kami ?

  1. Lima Prima Solusindo dapat memberikan solusi pelatihan sertifikasi resmi untuk kalian. Temukan banyak manfaat lainnya dengan mengambil layanan kami, diantaranya :
  • Legal & Terpercaya
  • Layanan Lengkap
  • Kelas Flexible
  • Instruktur Professional
  • Ribuan Testimoni
  • Harga Kompetitif

 

Kamu dapat menghubungi contact dibawah jika tertarik dengan pelatihan kami :

Phone: (+62) 811 656 5850

Email: pjk3limaindo@gmail.com

Penulis: Team Yoisoweb

Referensi: https://katadata.co.id/sitinuraeni/berita/614a717c6bc3c/keselamatan-kerja-di-laboratorium-yang-harus-dipahami

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *