fbpx
TAHUKAH KAMU! Berikut 5 Teknik Pengendalian Bahaya di Tempat Kerja

oleh | 19 Juni 2023 | 0 Komentar

TAHUKAH KAMU! Berikut 5 Teknik Pengendalian Bahaya di Tempat Kerja – Ada beragam sekali potensi-potensi bahaya di tempat kerja. Misalnya bahaya fisik, bahaya kimia, bahaya biologi, bahaya ergonomi, bahaya radiasi, bahaya lingkungan serta bahaya psikologi. Kecelakaan kerja dapat terjadi jika potensi bahaya-bahaya yang ada tidak dapat dihilangkan dengan benar serta baik.

Identifikasi Bahaya

Sebelum dapat melakukan semua upaya pengendalian pada bahaya, maka langkah pertama yang harus dilakukan ialah harus memastikan seluruh potensi dari bahaya itu sendiri yang telah diketahui. Pastikan proses identifikasi bahaya kalian lakukan dengan teliti. Jangan sampai ada potensi bahaya yang sampai tidak teridentifikasi.

Ketika ada sebuah potensi bahaya yang gagal untuk diketahui, maka itu artinya kalian tidak akan dapat mengendalikan potensi bahaya itu sepenuhnya. Sampai ia benar-benar teridentifikasi. Jika seluruh dari potensi bahaya itu sudah diketahui serta telah dievaluasi disetiap tingkat resikonya, maka langkah selanjutnya adalah untuk memilih teknik pengendalian bahaya yang tepat. Sebuah teknik yang tepat akan berdampak meminimalisir potensi bahaya itu sendiri

5 Teknik Pengendalian Bahaya

Bahaya di tempat kerja itu sendiri memiliki 5 teknik pengendalian bahaya atau yang lebih populer dengan istilah hirarki pengendalian bahaya / hierarchy of control. Hirarki pengendalian bahaya inilah yang nantinya menjadi gagasan utama untuk mengendalikan bahaya di tempat kerja agar bejalan dengan benar.

Kelima teknik pengendalian bahaya tersebut adalah:

  1. Elimination
  2. Reduction
  3. Engineering control
  4. Administrative control
  5. Personal Protective Equipment (PPE)

Tata urutan dari pengendalian bahaya adalah dengan mengikuti urutan hieararchy of control dari atas. Teknik pengendalian bahaya itu sendiri dipilih berdasarkan dari tata urutan yang tertinggi dahulu, yakni Teknik elimination.

  • Elimination

Dengan menggunakan teknik ini, bahaya di tempat kerja dihilangkan sama sekali.

  • Reduction

Teknik ini tidak dapat menghilangkan bahaya K3, tapi hanya akan menurunkan tingkat bahayanya dari tingkat awal.

  • Engineering control

Teknik ini diterapkan dengan cara melakukan sebuah modifikasi ataupun rekayasa, agar mengurangi paparan bahaya dari sumber itu sendiri.

  • Administrative control

Dengan menggunakan teknik ini, bahaya dapat dikendalikan dengan menyediakan prosedur operasi ataupun SOP, pengaturan jam kerja, dan hal lainnya yang dapat meminimalisirkan bahaya.

  • Personal Protective Equipment

Paparan dari bahaya itu sendiri dikendalikan dengan menggunakan alat pelindung diri yang telah sesuai.

Kenapa Harus Kami ?

Lima Prima Solusindo dapat memberikan solusi pelatihan sertifikasi resmi untuk kalian. Temukan banyak manfaat lainnya dengan mengambil layanan kami, diantaranya :

  • Legal & Terpercaya

Kami adalah perusahaan legal dengan nama PT. Lima Prima Solusindo yang telah mendapatkan SKP legalitas dari Kemenaker RI.

  • Layanan Lengkap

Kami menyediakan banyak sekali pilihan pelatihan sertifikasi dengan banyak bidang pekerjaan.

  • Kelas Flexible

Kami menyediakan berbagai pilihan kelas, mulai dari kelas private, regular, hingga kelas offline dan online.

  • Instruktur Professional

Semua instruktur kami telah berpengalaman dalam bidangnya masing-masing serta secara resmi telah mengantongi sertifikat resmi BNSP dan Kemnaker.

  • Ribuan Testimoni

Testimoni kami telah tersebar dari berbagai wilayah di Indonesia dengan berbagai macam pelatihan kerja serta sertifikat.

  • Harga Kompetitif

Tersedia paket all in one pelatihan dengan harga yang sangat terjangkau serta program cicilan tanpa biaya tambahan.

Kamu dapat menghubungi contact dibawah jika tertarik dengan pelatihan kami :

Phone: (+62) 811 656 5850

Email: pjk3limaindo@gmail.com

Baca Juga : Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Saat Bekerja Dalam Ketinggian?

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *